KURIKULUM

PENDAHULUAN

Kurikulum merupakan rancangan keseluruhan dari kegiatan pembelajaran mahasiswa sebagai pedoman program studi dalam merencanakan, melaksanakan, memonitor dan mengevaluasi seluruh kegiatannya untuk mencapai tujuan program studi. Mengacu pada Keputusan Menteri Pendidikan Nasional No. 232/U/2000 tentang Pedoman Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi dan Penilaian Hasil Belajar Mahasiswa, kurikulum pendidikan tinggi adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai isi maupun bahan kajian dan pelajaran serta cara penyampaian dan penilaiannya yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan belajar-mengajar di perguruan tinggi.

Kurikulum yang dirancang untuk diterapkan di perguruan tinggi berisikan keterangan atau penjelasan yang mencakup kompetensi lulusan dalam pengembangan bidang ilmu, tingkat pemahaman tentang bidang ilmunya, kemampuan mengkomunikasikan hasil pemikiran dan karyanya secara lisan dan tertulis, kemampuan menggunakan pengetahuan dan keterampilannya dalam kawasan keahliannya untuk menemukan jawaban dan atau memecahkan masalah kompleks termasuk yang memerlukan pendekatan lintas disiplin ilmu.

Pemerintah telah menetapkan kebijakan terkait dengan penyusunan kurikulum di perguruan tinggi yaitu Kepmen No. 232/U/2000 tentang Pedoman Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi dan Penilaian Hasil Belajar Mahasiswa. Keputusan ini diberlakukan untuk menggantikan Kepmendikbud No. 056/U/1994. Kurikulum menurut Kepmen No. 232/U/2000 meliputi kurikulum inti dan kurikulum institusional. Kurikulum inti merupakan kelompok bahan kajian dan pelajaran yang harus dicakup dalam suatu program studi yang dirumuskan dalam kurikulum yang berlaku secara nasional. Kurikulum inti terdiri atas kelompok mata kuliah pengembangan kepribadian; kelompok mata kuliah yang mencirikan tujuan pendidikan dalam bentuk penciri ilmu pengetahuan dan keterampilan; keahlian berkarya; sikap berperilaku dalam berkarya; dan cara berkehidupan bermasyarakat; sebagai persyaratan minimal yang harus dicapai peserta didik dalam penyelesaian suatu program studi. Kurikulum institusional merupakan sejumlah bahan kajian dan pelajaran yang merupakan bagian dan kurikulum pendidikan tinggi, terdiri atas tambahan dan kelompok ilmu dalam kurikulum inti yang disusun dengan memperhatikan keadaan dan kebutuhan lingkungan serta ciri khas perguruan tinggi yang bersangkutan. Kurikulum inti perguruan tinggi mencakup kelima kelompok mata kuliah tersebut di atas, dengan persentase 40-80%. Kurikulum institusional dapat mencakup keseluruhan atau sebagian dari kelima kelompok mata kuliah tersebut.

Berdasarkan ketentuan Kepmen No. 232/U/2000, Menteri Pendidikan Nasional mengeluarkan Keputusan No. 045/U/2002 tentang Kurikulum Inti Perguruan Tinggi. Keputusan ini ditujukan sebagai rambu-rambu dalam penyusunan kurikulum inti. Pada Kepmen No. 045/U/2002 diperkenalkan istilah kompetensi, yaitu seperangkat tindakan cerdas, penuh tanggung jawab yang dimiliki seseorang sebagai syarat untuk dianggap mampu oleh masyarakat dalam melaksanakan tugas-tugas di bidang pekerjaan tertentu. Disebutkan pula bahwa, kompetensi lulusan sebuah program studi meliputi: 1) kompetensi utama, 2) kompetensi pendukung, dan 3) kompetensi lain yang bersifat khusus dan gayut dengan kompetensi utama.

Searah dengan pentingnya pengakuan kompetensi, pemerintah telah mengeluarkan Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 8 tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI). Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia adalah kerangka penjenjangan kualifikasi kompetensi yang dapat menyandingkan, menyetarakan dan mengintegrasikan antara bidang pendidikan dan bidang pelatihan kerja serta pengalaman kerja dalam rangka pemberian pengakuan kompetensi kerja sesuai dengan struktur pekerjaan di berbagai sektor. Diberlakukannya KKNI menghendaki pendidikan formal untuk dapat menunjukkan akuntabilitasnya dalam menghasilkan lulusan sesuai dengan strata yang diprogramkan.

Pemberlakuan KKNI menghendaki setiap program studi untuk dapat merumuskan capaian pembelajaran (learning outcomes). Capaian Pembelajaran (learning outcomes) adalah internasilisasi dan akumulasi ilmu pengetahuan (science), pengetahuan (knowledge), pengetahuan praktis (know how), ketrampilan (skills), afeksi, dan kompetensi yang dicapai melalui proses pendidikan yang terstruktur dan mencakup suatu bidang ilmu/keahlian tertentu atau melalui pengalaman kerja. Deskripsi kualifikasi KKNI menjabarkan capaian pembelajaran pada lingkup program studi yang berlaku secara umum dan lebih rinci di tingkat nasional. Selanjutnya akan dijabarkan learning outcomes pada kurikulum program studi di perguruan tinggi dan penjabaran learning outcomes dari mata kuliah-mata kuliah. Kurikulum mencakup kompetensi lulusan, capaian pembelajaran/learning outcomes, bahan kajian dan mata kuliah.

  • Struktur Kurikulum:

Mata kuliah yang terurai dalam kurikulum disusun dengan mempertimbangkan capaian kompetensi, juga  tingkat relevelan tiap matakuliah, serta ketepatan kelulusan mahasiswa.

Jenis Mata Kuliah

Sks

Keterangan

(1)

(2)

(3)

Mata Kuliah Wajib

138

Mata kuliah wajib dibagi menjadi kuliah inti Ilmu Kelautan dan Mata Kuliah Umum (MKU).

Mata Kuliah Pilihan

12

Merupakan mata kuliah untuk meningkatkan keahlian mahasiswa.

Jumlah Total

150

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  • Kompetensi Program Studi Ilmu Kelautan

1. Kemampuan Bidang Kerja

Mampu melakukan eksplorasi dan konservasi sumberdaya dan lingkungan laut, dengan memanfaatkan instrumen observasi, penyelaman ilmiah, pemetaan, sistem informasi kelautan, akustik kelautan, teknik rehabilitasi dan bioteknologi, secara mandiri dan kreatif, sebagai wujud kemampuannya untuk beradaptasi terhadap masalah lingkungan yang dihadapi.

2. Penguasaan Pengetahuan

Menguasai teori biologi laut, ekologi laut, oseanografi, pemetaan, penginderaan jauh, sistem informasi geografi, akustik kelautan, penyelaman ilmiah, konservasi, teknik rehabilitasi, serta bioteknologi, sehingga mampu mengidentifikasi dan memformulasikan penyelesaian masalah eksplorasi dan konservasi sumberdaya dan lingkungan laut secara sistematis.

3. Kemampuan Manajerial

Mampu berkembang dan menyesuaikan diri dengan kondisi kerja secara individual dan dalam tim, serta mampu mengambil keputusan yang tepat, memimpin dan mengorganisir sumberdaya.

Mampu bertanggungjawab atas pekerjaan sendiri dan dapat diberi tanggung jawab atas pencapaian hasil kerja organisasi serta mampu menyelesaikan masalah berbekal sikap kepemimpinan yang didasarkan pada ketakwaan kepada Tuhan yang Maha Esa.

  • Standar iSi Pembelajaran Program Studi Ilmu Kelautan

Kemampuan Bidang Kerja

  1. Instrumen Kelautan
  2. Renang dan Widya Selam
  3. Pemetaan Sumberdaya Laut, Sistem Informasi Kelautan
  4. Penginderaan Jauh
  5. Akustik Kelautan
  6. Analisis Dampak Lingkungan (AMDAL)
  7. Teknik Rehabilitasi Ekosistem Pesisir dan Laut
  8. Bioteknologi
  9. Koralogi
  10. Sedimentologi
  11. Mitigasi Bencana Pesisir
  12. Bio Ekologi Kuantitatif
  13. Mikrobiologi Laut
  14. Reklamasi Pantai
  15. Pengelolaan Sumberdaya dan Manajemen Lingkungan Laut
  16. Produktifitas Perairan

Penguasaan Ilmu

  1. Oceanografi
  2. Meteorologi Laut
  3. Biologi Laut
  4. Ekologi Laut Tripis
  5. Sistem Informasi Geografi
  6. Konservasi Sumberdaya Kelautan,
  7. Reklamasi Pantai
  8. Pencemaran Laut
  9. Remote Sensing
  10. Geologi Laut
  11. Keaneka Ragaman Hayati Laut
  12. Farmakologi Laut
  13. Pengantar Ilmu Kelautan
  14. Pelabuhan dan Bangunan Pantai
  15. Planktonologi
  16. Fisiologi Biota Laut
  17. Avertebrata Air
  18. Manajemen Pantai

Kemampuan Manejerial

  1. Hukum dan PP PK
  2. Mengikuti mata kuliah dasar fakultas
  • Distribusi Mata Kuliah

SEMESTER 1

tema kompetensi: 

 

Penguasaan prinsip dan Pengetahuan Dasar

kode MK

Mata Kuliah

Sks

UNV 1101

Agama

2

UNV 1102

Pancasila

2

UNV 1105

Bahasa Inggris

2

UNV 1106

Pengenalan PGRI

2

UNV2112

Fisika

2

UNV 2107

Pengantar Ilmu Ekonomi

2

UNV 2109

Biologi

2

UNV 2110

Kimia

2

UNV 2111

Matematika

2

UNV1104

Bahasa Indonesia

2

 

TOTAL sks

20

 

SEMESTER 2

tema kompetensi: 

 

 

Penguasaan Lingkungan  Kelautan

kode MK

Mata Kuliah

sks

UNV2108

Dasar-dasar Manajemen

2

IKL 2113

Pengantar Ilmu Kelautan

2

FPK2101

Hukum & PP PK

2

FPK2102

Mikrobiologi Laut

3

FPK3109

Oceanografi

3

UNV1103

Pendidikan Kewarganegaraan

2

IKL3121

Meteorologi Laut

3

FPK3106

Ekologi Perairan

3

FPK3107

Ekosistem Pantai

3

     

 

TOTAL sks

23

SEMESTER 3

tema kompetensi: 

 

Penguasaan dan Pemanfaatan Hayati Laut

kode MK

Mata Kuliah

Sks

IKL2114

Keanekaragaman Hayati Laut

2

UNV3114

Kewirausahaan

2

FPK3105

Planktonologi

3

 

Remote Sensing

3

IKL3123

Farmakologi Laut

2

UNV4115

Aplikasi Komputer

2

FPK4117

Konservasi Sumberdaya Kelautan

3

 

TOTAL sks

17

SEMESTER 4

tema kompetensi:

 

Pengelolaan Sumberdaya Laut

kode MK

Mata Kuliah

Sks

IKL3120

Biologi Laut

3

FPK2103

Statistik

3

FPK3111

Avertebrata Air

3

FPK3113

Metode &Tek. Penulisan  Ilmiah

3

IKL3125

Koralogi

3

 

Sedimentologi

3

FPK4115

Produktivitas Perairan

3

 

TOTAL sks

21

SEMESTER 5

tema kompetensi: 

 

Penguasaan Teknologi Kelautan

kode MK

Mata Kuliah

Sks

IKL3126

Akustik Kelautan

3

IKL4135

Pemetaan SDHL

3

IKL4109

Sistem Informasi Geografis

3

FPK5119

Penyuluhan &Komunikasi Masy.

2

FPK5120

PKL

3

IKL4136

Penginderaan Jauh

3

FPK3110

Renang dan Widya Selam

2

 

TOTAL sks

19

SEMESTER 6

tema kompetensi: 

 

 

Pengelolaan Sumberdaya Non Hayati Laut

kode MK

Mata Kuliah

Sks

FPK3112

Rancangan Percobaan

3

FPK4227

Instrumen Kelautan

3

IKL3122

Geologi laut

3

FPK5121

KKN

3

FPK4222

Manajemen Pantai

3

IKL4138

Pelabuhan dan Bangunan Pantai

3

     

 

TOTAL sks

18

SEMESTER 7

tema kompetensi: 

 

Penguasaan Manajemen Lingkungan Laut

kode MK

Mata Kuliah

Sks

 

Analisis Numerik Kelautan

3

IKL4137

Reklamasi Pantai

3

FPK4224

Amdal

3

IKL4126

Mitigasi Bencana Pesisir

3

IKL4139

Pencemaran Laut

3

 

Bio Ekologi Kuantitatif

3

 

Pengelolaan Sumberdaya dan Manajemen Lingkungan Laut

3

 

TOTAL sks

21

SEMESTER 8

tema kompetensi: 

 

 

Pemantapan Pengetahuan dan Ketrampilan Mahasiswa

kode MK

Mata Kuliah

Sks

FPK3114

Seminar

2

FPK4118

Skripsi

6

FPK4230

Bioteknologi

3

     
     
     
     

 

TOTAL sks

11

JUMLAH TOTAL SKS  : 150 SKS

JUMLAH TOTAL MK  : 51 MK

LAIN-LAIN     : PKL, KKN, Seminar dan Skripsi